3 Tips Agar Suasana Kantor Tampil Baru


 

Suasana ruangan yang sudah lama tidak berubah tentunya akan membuat bosan karyawan saat bekerja. Dokumen-dokumen yang menumpuk, letak barang yang monoton, dan warna kantor yang itu-itu saja setiap harinya lama-kelamaan akan menimbulkan rasa bosan pada karyawan. 

Rasa bosan bisa menimbulkan penurunan produktivitas karyawan yang berdampak juga pada output perusahaan. Yuk, mulai mempertimbangkan menggunakan jasa pemusnahan dokumen arsip, mengganti posisi barang-barang, hingga mengganti cat serta desain interior kantor agar kantor tampak lebih baru! 

1. Perubahan Tata Ruang dan Posisi Barang di Kantor

Banyak menghabiskan waktu di kantor bukanlah hal menyenangkan, apalagi jika pekerjaan banyak. Agar pekerja tidak bosan, perubahan posisi barang di kantor diperlukan. Perubahan posisi barang bisa dilakukan 1 tahun sekali atau sesuai kesepakatan internal kantor. Perubahan posisi bisa dilakukan dengan pindah posisi meja dan barang inventori lainnya, seperti mesin fotokopi, print, dan scan. Perubahan letak barang-barang di kantor juga bisa dipertimbangkan kembali jika dirasa membuat kurang efisien dalam bekerja.

Selain perubahan posisi barang inventori kantor, tentu perubahan tampilan meja pribadi juga bisa dipertimbangkan. Agar suasana menjadi lebih segar dan hidup, bisa dengan memberikan sentuhan makhluk hidup, seperti tanaman hias atau akuarium. Memajang barang-barang yang disukai atau menambahkan aksen warna-warna cerah juga bisa meningkatkan suasana hati ketika bekerja. 

2. Mengganti Warna Cat

Warna adalah sesuatu yang mudah ditangkap oleh mata. Warna dinding kantor ternyata juga bisa mempengaruhi produktivitas dalam bekerja loh! Mengganti warna cat kantor yang saat ini sudah lama tidak diganti tentu menjadi pilihan terbaik. Menurut psikologi yang dilansir oleh Kompas.com, ada 4 warna yang bisa meningkatkan produktivitas bekerja, yaitu abu-abu krem, biru dongker, merah muda, dan kuning. 

Warna abu-abu krem dapat menenangkan pikiran dan membantu untuk fokus mengerjakan tugas karena warnanya hangat, indah, dan netral untuk diaplikasikan di manapun. Warna biru dongker membuat pikiran menjadi jernih saat mengerjakan tugas karena dapat mengurangi gangguan visual benda di belakang laptop/komputer. Warna merah muda dapat meningkatkan konsentrasi dan kreativitas dalam bekerja. Terakhir, warna kuning dapat merangsang semangat untuk berkreativitas karena sifatnya yang cerah. 

3. Membuang Dokumen Tidak Terpakai

Dokumen kantor yang menumpuk tentu menjadi salah satu alasan ruang kantor terlihat membosankan. Francine Jay menulis di dalam buku Seni Hidup Minimalis, “saat kontainer kehidupan kita penuh barang, jiwa kitalah yang merasakan dampaknya.” Jika kantor kita penuh dengan barang tidak terpakai, jiwa kita akan terasa berat ketika melihatnya. Begitu pula sebaliknya, ketika barang-barang menumpuk sudah dirapikan, jiwa kita akan terasa ringan ketika melihatnya. 

Bersih-bersih sendiri bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Bersih-bersih membantu tubuh bergerak lebih banyak dan lebih aktif sehingga kesehatan fisik menjadi lebih baik. Bersih-bersih dapat meningkatkan kesehatan mental karena ruangan yang bersih dan rapi membuat suasana hati menjadi baik serta meningkatkan kemampuan otak. Ruangan yang bersih dapat membuat karyawan mendapatkan lebih banyak ide dan inspirasi. 

Dokumen kantor yang menumpuk bisa mulai dibersihkan dengan cara menyortirnya terlebih dahulu, kelompokan dokumen yang masih terpakai, kemungkinan akan terpakai kembali, dan sudah tidak terpakai. Setelah itu, mulailah untuk merapikan dokumen dari satu tempat ke tempat lainnya, dari satu meja ke meja lainnya. Jangan lupa siapkan tempat untuk menampung dokumen yang sudah dikelompokan. 

Dokumen perusahaan biasanya berisi info-info penting dan rahasia, sehingga membuangnya tidak bisa sembarangan. Crown Records Management (CRM) hadir untuk menjawab keresahan tersebut. Crown Records Management (CRM) ini merupakan perusahaan yang memberikan solusi untuk jasa pemusnahan dokumen, pemindaian dokumen, penyimpanan arsip, informasi digital & manajemen dokumen. Ketika membersihkan dokumen tidak hanya kertas fisiknya saja yang dibersihkan, namun seluruh file digitalnya juga dibersihkan secara aman sesuai hukum.

Suasana kantor yang baru tentu membuat karyawan merasa lebih fresh saat datang untuk bekerja. Untuk membuat kantor terasa baru ternyata tidak membutuhkan kocek yang besar ya. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, mulai rapikan kantormu!

Tidak ada komentar untuk "3 Tips Agar Suasana Kantor Tampil Baru"