Cara Mengatasi Anxiety Disorder

Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dengan dengan istilah Anxiety Disorder atau gangguan kecemasan di era saat ini dimana isu kesehatan mental menjadi marak diperbincangkan terutama oleh Gen Z. Bahkan tidak jarang dari kita yang mungkin memilikinya. Lantas apa itu anxiety disorder Anxiety disorder adalah perasaan cemas berlebihan, terus menerus, dan menetap yang muncul akibat dihadapkan dengan situasi atau sesuatu yang menimbulkan stress.

Ada banyak jenis anxiety disorder yang bisa kita kenali dan oleh karena itu, kita perlu berhati-hati agar tidak melakukan self-diagnosed tanpa bantuan seorang pakar seperti psikolog atau psikiater. Namun bagi teman-teman yang memang terdiagnosa memiliki anxiety disorder, ada berbagai cara sederhana untuk mengatasinya. Berikut cara sederhana untuk mengatasi anxiety disorder:

1. Tiidur dan istirahat yang cukup

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah tidur dan istirahat yang cukup. Tidur dan istirahat yang cukup artinya berkualitas. Tidur atau istirahat yang berkualitas ditandai dilakukan dalam waktu yang cukup seperti 7-8 jam dan ketika bangun badan terasa segar kembali. 

Tidur dan beristirahat dengan cukup akan membantu tubuh membangun sistem kekebalan sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dan menghindari hal buruk lainnya seperti lesu, mudah marah, tidak mood, cemas, dan sebagainya. 

2. Hindari konsumsi kafein berlebih

Sering kita temui fenomena dimana jantung berdebar lebih cepat setelah minum kopi. Hal ini karena mengonsumsi kafein yang berlebihan seperti kopi dapat menstimulasi kerja jantung secara lebih cepat sehingga meningkatkan kecemasan. Hal ini tentunya akan memperburuk kondisi kecemasanmu. Untuk itu, kendalikan konsumsi kafeinmu dengan cara menggantinya dengan teh atau cukup dengan mengunsumsi air putih. 

3. Kurangi stress dengan berpikir positif

Ketika pikiran negatif mulai mendatangimu, alihkan pikiran tersebut dengan menyibukkan diri. Jangan memperburuk kondisi kecemasanmu dengan berfokus pada hal buruk yang kamu pikirkan dan terus menganalisanya. Ketahuilah bahwa sumber kecemasan dapat datang dari berbagai sisi seperti lingkungan, hubungan romantis, pekerjaan, pendidikan, dan sebagainya. Tentunya hal ini tidak dapat dihindari.

Namun kita selalu bisa mengendalikan apa yang kita pikirkan dan bagaimana hal tersebut berdampak pada diri kita. Oleh karena itu, kelola stress dengan baik dengan cara berpikir positif dan arahkan fokusmu pada hal lain seperti melakukan hobi, pekerjaan, atau hal lain yang kamu senangi. 

4. Meditasi atau relaksasi

Melakukan meditasi atau relaksasi mampu menenangkan pikiran, menenangkan perasaan, menumbuhkan motivasi, menumbuhkan pikiran positif, dan membangkitkan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Banyak praktik dari meditasi yang membantumu mengatasi kecemasan mulai dari pemilihan lokasi ditempat yang tenang dan sejuk, memejamkan mata sehingga memaksimalkan ketenangan yang dirasakan, proses inhale dan exhale yang mampu mengendalikan detak jantung secara lebih teratur, dan lainnya. 

5. Berolahraga secara teratur

Kecemasan dapat diatasi salah satunya dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat dapat diperoleh dengan berolahraga secara teratur. Berolahraga yang diiringi dengan pola makan sehat membantu mengurangi stress dan meningkatkan hormon endorphin yang akan membuat dirimu lebih bahagia. Lakukan olahraga teratur 2-3 kali seminggu dengan durasi 30 menit dan rasakan manfaatnya pada dirimu. 

6. Mencoba berinteraksi lebih dengan keluarga atau teman yang dipercaya

Kadang ketika stress melanda kita hanya ingin didengarkan. Berceritalah dengan orang-orang yang kamu percaya seperti teman dekat, keluarga, pasangan, atau lainnya. Menceritakan masalah yang membebanimu serta mengekepresikan emosi secara positif akan membuat perasaanmu menjadi ringan dan kecemasan menjadi berkurang daripada memendamnya sendiri. Jadi terbukalah dengan yang kamu percaya, minta bantuan dan pendapat mereka agar kamu bisa mendapatkan insight untuk mengatasi stressmu.

Sekarang kamu sudah tahu cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gangguan kecemasanmu. Cara-cara tersebut sederhana sehingga kamu bisa pratikkan secara langsung tanpa bantuan pakar khusus. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengatasi Anxiety Disorder "