Tips Menghindari Keterlambatan Bayar Pajak Badan

Tips Menghindari Keterlambatan Bayar Pajak

Klik Data - Jika anda adalah orang yang sering telat bayar pajak, tentu akan mengalami kerugian sendiri. Pernah terlambat bayar pajak, maka akan dikenakan sanksi mulai dari administrasi sampai pidana. Tentu untuk negara Indonesia, pemerintah menetapkan sanksi untuk wajib pajak yang terlambat dalam pembayaran pajak.

Di awal akan dikenakan surat teguran hingga bisa terjadi penyanderaan untuk langkah hukum terakhir. Berikut ini akan dijelaskan tips menghindari keterlambatan bayar pajak, namun anda juga wajib tahu jenis-jenis sanksi ketika telat lapor atau bayar pajak. 

Jenis Sanksi Telat Bayar Pajak  

Sanksi Administrasi

Sanksi administrasi dibagi menjadi tiga yaitu sanksi denda, bunga dan juga sanksi kenaikan ketika telat membayar pajak. Ketentuan ini sudah ada dalam Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum Perpajakan. 

  • Sanksi denda, sanksi denda ini nilainya beragam tergantung jenis pajak yang telah dilaporkan. Namun tenang saja, sanksi didasarkan pada undang-undang yang berlaku.

  • Sanksi bunga, untuk ketentuan sanksi bunga dijelaskan dalam pasal 9 ayat 2(a). Dijelaskan bahwa wajib pajak yang telat membayar pajak akan didenda sebesar 2% per bulan terhitung mulai tanggal jatuh tempo pembayaran.

  • Sanksi kenaikan, sanksi ini memiliki nilai 50% dari jumlah pajak yang harus dibayar dari nilai pajak yang kurang dibayar. Sanksi kenaikan ini dijatuhkan untuk wajib pajak yang melakukan pelanggaran tertentu.

Sanksi Pidana

Sanksi pidana diberlakukan untuk sanksi terberat dalam dunia perpajakan. Biasanya Anda dikenakan sanksi jika melakukan pelanggaran yang menimbulkan kerugian besar pada negara. Misalnya untuk penerbitan faktur pajak dan pemungutan PPN namun dirinya tidak didaftarkan sebagai PKP. Jadi secara otomatis PPN tidak disetorkan ke negara. 

Tips Agar Tidak Telat Bayar Pajak

Jika Anda adalah orang yang telat bayar pajak maka perlu tips yang tepat agar tepat waktu dalam membayar pajak. Karena semakin lama ketelatan dalam bayar pajak maka akan semakin besar pula denda yang harus dibayar. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan. 

Hitung Pajak Secara Cepat

Melakukan penghitungan pajak saat ini tidak harus lagi dengan cara manual. Anda bisa memanfaatkan platform untuk pembayaran pajak secara online. Yang mana platform ini akan membantu anda untuk penghitungan pajak secara otomatis sehingga lebih akurat.

Penghitungan pajak lewat online juga akan lebih cepat dan mengurangi human error. Yang diperlukan hanya data keuangan yang dibutuhkan sehingga Anda bisa mendapatkan penghitungan pajak secara langsung setelah memasukkan data-data tersebut. 

Bayar Pajak Secara Online

Langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan pembayaran pajak secara online. Di zaman dahulu, orang-orang membayar pajak secara offline sehingga harus mengunjungi kantor pajak terdekat dan harus mengantri pula. Jadi beberapa orang mungkin enggan membayar pajak karena cukup merepotkan bagi yang tidak punya banyak waktu.

Tapi kini semuanya bisa dilakukan secara online termasuk pembayaran pajak pula. Untuk Anda yang melakukan pembayaran pajak cukup banyak seperti pada perusahaan misalnya, maka bisa memanfaatkan platform bayar pajak resmi seperti Klikpajak. 

Buat Alarm Pengingat

Untuk bayar pajak selalu tepat waktu maka anda harus menggunakan alarm pengingat. Alarm ini bisa difungsikan untuk mengingatkan anda agar bayar pajak sesuai tanggalnya. Tentu saja Anda harus buat pengaturan tanggal pada alarm. Setelah itu jangan tunda bayar pajak, harus sesuai waktu dimana alarm pengingat berbunyi.

Bayar Pajak Badan via Klikpajak

Itu tadi beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk bayar pajak agar tidak mengalami keterlambatan karena kelalaian diri sendiri. Untuk Anda yang ingin bayar pajak perseorangan atau bayar pajak badan maka bisa dilakukan dengan mudah lewat platform Klikpajak by Mekari.

Klikpajak by Mekari memberikan kemudahan anda untuk bayar pajak, pembuatan ID billing dan pembayarannya serta pembayaran pajak PPH tahunan dan masih banyak. Sistem pembayaran pajak secara elektronik ini sangat dianjurkan pemerintah. 

Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan Klikpajak, karena merupakan mitra DJP resmi. Dimana setiap pembayaran pajak yang anda lakukan akan mendapatkan bukti langsung dari DJP.

Tidak ada komentar untuk "Tips Menghindari Keterlambatan Bayar Pajak Badan"