4 Tips Memenuhi Kebutuhan Protein Harian Anda

Protein merupakan salah satu nutrisi no 1 di dunia yang perlu Anda penuhi kebutuhannya setiap hari. Menurut Angka Kecukupan Gizi Kementerian Kesehatan RI (AKG Kemenkes RI), standar pemenuhan protein masyarakat Indonesia adalah 62-66 gram setiap hari untuk laki-laki, dan 56-59 gram setiap hari untuk perempuan.

Kalau begitu, apa yang bisa Anda lakukan untuk memastikan bahwa kebutuhan protein harian tercukupi? Untuk menjawabnya, Anda bisa simak tipsnya di bawah ini. Selamat membaca! 

Utamakan Makanan Sumber Protein

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengutamakan konsumsi makanan sumber protein sebelum karbohidrat. Soalnya, protein bisa meningkatkan produksi hormon PYY di dalam usus yang memberikan rasa kenyang serta meningkatkan kinerja metabolisme, bahkan selama Anda beristirahat.

Beberapa contoh makanan sumber protein seperti:

  • Unggas dan telur.
  • Seafood.
  • Susu.
  • Kacang kedelai.
  • Sayuran dan kacang-kacangan.
  • Daging merah. 

Tambahkan Sumber Makanan Berprotein Tinggi ke Salad

Seperti yang sudah Anda ketahui, salad sayur mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan sekaligus memberikan perlindungan dari berbagai penyakit bagi tubuh. Dan Anda bisa tingkatkan manfaatnya dengan tambahan sumber makanan berprotein tinggi.

Dalam 100 gram salad, Anda bisa tambahkan protein sebagai berikut:

  • Dada kalkun atau ayam 30 gram.
  • Tuna 26 gram.
  • Keju 22 gram.
  • Salmon 25 gram. 

Pilih Camilan Tinggi Protein

Selain memastikan bahwa Anda mengonsumsi makanan sumber protein seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga sangat direkomendasikan untuk memilih camilan dengan kandungan protein yang tinggi. Apalagi, camilan paling sering membuat berat badan jadi tak terkontrol karena kandungan kalorinya yang memang sangat tinggi dengan jumlah protein yang sangat rendah. Contonya 28 gram keripik tortilla, yang mengandung 137 kalori dengan hanya 2 gram protein saja.

Ada beberapa jenis camilan tinggi protein dan rendah kalori yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah keju cheddar. Dengan jumlah yang sama (28 gram), keju cheddar mengandung 117 kalori, 7 gram protein, dan kalsium dengan jumlah 4 kali lebih banyak.

Alternatif lainnya adalah greek yogurt, yang kandungan proteinnya bahkan lebih tinggi lagi, bergantung pada mereknya. Dalam seporsi greek yogurt atau sekitar 240 gram, terdapat kandungan protein sebanyak 17-20 gram, yang juga jauh lebih banyak dibandingkan jenis yogurt lainnya. Selain itu, hindari juga yogurt dengan pemanis dan perasa yang hanya menambah jumlah kalorinya. 

Konsumsi Bubuk Protein untuk Penuhi Kebutuhan Harian

Selain memerhatikan sumber makanan yang Anda konsumsi, kebutuhan protein harian juga dapat Anda penuhi dengan mengonsumsi bubuk protein alias protein powder. Salah satunya adalah Personalized Protein Powder dari Herbalife dengan kandungan nutrisi no 1 di dunia.

Bubuk protein dari Herbalife ini terbuat dari kedelai dan whey yang mengandung 5 gram protein di setiap sajiannya. Anda bisa mengonsumsinya 1-4 kali sehari untuk bantu tambah dan cukupi kebutuhan protein harian Anda. Dan di setiap sajiannya, terkandung pula energi sebanyak 25 kalori. Produk ini juga tidak mengandung tambahan gula dan lemak sehingga bisa bantu Anda fokus optimalkan pemenuhan kebutuhan protein saja.

Tak hanya bisa bantu cukupi kebutuhan protein Anda, Personalized Protein Powder pun bisa dinikmati dengan cara yang jauh lebih mudah. Karena berwujud serbuk, Anda bisa tambahkan Personalized Protein Powder ke dalam Formula 1 Shake atau makanan lainnya, misa yogurt, kuah sup, dan sereal.

Tidak ada komentar untuk "4 Tips Memenuhi Kebutuhan Protein Harian Anda"