Pengertian Piutang, Jenis, Cara Mencatat Otomatis Dengan BukuWarung

 

Data Piutang

Piutang merupakan salah satu unsur dari aktiva lancar dalam neraca perusahaan yang timbul akibat adanya penjualan barang, jasa atau pemberian kredit terhadap debitur yang pembayaran pada umumnya diberikan dalam tempo 30 hari sampai dengan 90 hari. 

Dalam arti luas, piutang merupakan tuntutan terhadap pihak lain yang berupa uang, barang atau jasa yang dijual secara kredit. 

Piutang dalam akuntansi lebih sempit pengertiannya yaitu untuk menunjukkan tuntutan pada pihak luar perusahaan yang diharapkan akan diselesaikan dengan penerimaan sejumlah uang tunai. 

Pada umumnya piutang adalah timbul akibat dari transaksi penjualan barang dan jasa perusahaan, di mana pembayaran oleh pihak yang bersangkutan baru akan dilakukan setelah tanggal transaksi jual beli. 

Jenis Jenis Piutang Usaha atau Dagang Adalah 

Piutang terdiri atas beberapa jenis, yaitu : 

Piutang Usaha (Account Receivable)  

Pengertian piutang usaha adalah suatu jumlah pembelian kredit dari pelanggan. Ini timbul sebagai akibat dari penjualan barang atau jasa. 

Biasanya diperkirakan akan tertagih dalam waktu 30-60 hari. Secara umum, jenis piutang ini merupakan yang terbesar yang dimiliki usaha atau dagang. 

Wesel Tagih (Notes Receivable) 

Wesel Tagih adalah surat formal yang diterbitkan sebagai bentuk pengukuran utang. Wesel tagih biasanya memiliki waktu tagih antara 60-90 hari atau lebih lama serta mewajibkan pihak yang berutang untuk membayar bunga. 

Wesel tagih dan account receivables usaha yang disebabkan karena transaksi penjualan biasa disebut dengan piutang dagang (trade account). 

Piutang Lain-Lain (Other Receivable) 

Adalah piutang lain-lain mencakup selain dagang. Contohnya piutang bunga, gaji, uang muka karyawan, dan restitusi pajak.

Secara umum bukan berasal dari kegiatan operasional perusahaan. Oleh karena itu, piutang jenis ini diklasifikasikan dan dilaporkan pada bagian yang secara terpisah di neraca. 

Itu adalah pengertian, ciri-ciri, dan jenis piutang dalam akuntansi yang harus Anda ketahui. Piutang usaha menunjukkan jumlah yang timbul dari penjualan barang maupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. 

Yang dimaksud dengan apa itu piutang usaha adalah tagihan-tagihan yang dilunasi dengan uang. 

Di era modern seperti sekarang anda bisa melakukan pencatatan laporan keuangan usaha melalui aplikasi seperti BukuWarung. Banyak para usahawan membuat nota penjualan offline melalui aplikasi BukuWarung. Tidak hanya penjualan pulsa ataupun token listrik. Penjual berbagai jenis macam usaha juga bisa langsung tercatat otomatis dengan aplikasi BukuWarung. 

Tidak hanya mencatat penerimaan dan pengeluaran pada aplikasi BukuWarung secara otomatis bisa mencatat piutang bahkan anda bisa memasukan nomor kontak telfon orang yang mempunyai piutang kepada anda.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Piutang, Jenis, Cara Mencatat Otomatis Dengan BukuWarung"