Ketahui Metode Penyimpanan Barang Ini Saat Akan Sewa Gudang

Metode Penyimpanan Barang

Klik Data - Apakah anda berinisiatif untuk melakukan sewa gudang penyimpanan barang-barang produk usaha? Setelah lakukan penyewaan gudang, tentu anda harus mengetahui metode penyimpanan barang agar produk-produk yang menjadi stok barang di gudang tetap aman dan awet.

Terutama ketika memiliki banyak produk dengan berbagai jenis produk dan juga karakter. Maka penyimpanannya harus tepat dan tidak boleh sembarangan agar barang-barang yang ada di gudang tidak mudah rusak. Setelah warehouse, anda tentu penting untuk menjaga kenyamanan penyimpanan barang di gudang dengan cara seperti berikut. 

1. Dedicated Storage

Yang pertama, ada yang namanya dedicated storage yaitu metode penyimpanan barang dengan setiap produk punya tempat atau lokasi yang tetap. Dengan metode ini maka anda harus punya lokasi barang yang tidak bisa diubah atau digunakan untuk penyimpanan pada produk berbeda jenis.

Bahkan meski stok barang tersebut sedang habis, tetap tidak boleh ditempati oleh produk lainnya. Metode ini tentu sangat memudahkan para karyawan untuk menemukan lokasi produk yang dicari serta di kemudian hari penataannya juga lebih mudah. 

2. Randomized Storage

Yang kedua ada metode randomized storage. Cara penyimpanan ini adalah sistem penyimpanan barang di gudang secara acak. Jadi barang apapun bisa disimpan pada ruangan tersebut dan boleh mengalami perpindahan lokasi kapanpun. Penyimpanan juga boleh dilakukan di mana saja yang penting memungkinkan untuk penempatan barang.

Kekurangan dari metode ini adalah membuat lokasi barang menjadi tidak teratur dan menyusahkan setiap kali pencarian barang. Mulai dari jenis barang, hingga karakteristiknya berbeda-beda dan bercampur pada satu tempat penyimpanan. 

3. Class-based Storage

Selanjutnya ada tipe penyimpanan class-based storage yang memungkinkan penyimpanan barang digabung antara dedicated storage dan randomized storage. Cara ini membuat penyimpanan barang jauh lebih fleksibel tapi tetap rapi.

Hal ini karena setiap tempat boleh diisi Barang jenis apapun namun dikelompokkan sesuai karakternya. Cara ini juga lebih fleksibel karena penempatan produk bisa diatur berdasarkan kelas atau pergerakan barang. Misalnya penyimpanan barang dengan pergerakan paling cepat. Sehingga pembagian kelas penyimpanan barang bisa lebih fleksibel. 

4. Shared Storage

Saat sewa gudang makanya juga perlu mengetahui sistem penyimpanan barang dengan metode shared storage. Metode ini memungkinkan untuk meminimalisir kebutuhan ruang penyimpanan karena mengutamakan keuntungan dari perbedaan waktu saat menyetok barang di gudang.

Penting untuk menentukan penyimpanan barang berdasarkan ruang penyimpanan yang digunakan. Metode ini mengutamakan penyimpanan barang dengan mengetahui kapan saja produk masuk dalam produk keluar. Dengan cara ini maka lokasi gudang yang kosong bisa untuk menempatkan produk yang masuk namun tetap mengutamakan penyimpanan berdasarkan kelasnya. 

5. Cube Per Order Index Policy

Yang artinya metode penyimpanan barang berdasarkan tingkat kebutuhan ruang penyimpanan dan berbanding dengan jumlah transaksi. Melaksanakan pengaturan lokasi produk berdasarkan kategori produk dan jarak perpindahan produknya.

Cube Per Order Index Policy digunakan banyak orang yang warehouse dan membutuhkan ruang penyimpanan lebih besar. Namun masalah yang terjadi pada metode ini adalah tata letak gudang cukup sulit diatur dan karyawan lebih sulit menemukan produk yang dicari. Tapi cukup banyak orang yang menggunakan metode ini karena dapat membuat ruangan gudang lebih efisien.

Itu tadi beberapa metode penyimpanan barang yang bisa anda coba, setelah melakukan sewa gudang. Untuk Anda yang sedang mencari gudang terbaik yang bisa di sewa dengan kualitas terbaik pula maka bisa memilih Shipper. Di Shipper anda akan dibantu, kemudahan dalam pengelolaan pesanan hingga pengemasan dan juga terdapat berbagai layanan tambahan lain. Informasi lebih lanjut Anda bisa kunjungi Shipper.id.

Tidak ada komentar untuk "Ketahui Metode Penyimpanan Barang Ini Saat Akan Sewa Gudang"