Yukk Cari Tahu Langkah Tepat Belajar Sketchup Dengan Cepat

belajar sketchup

Google sketchup merupakan software 3D modeling yang cukup mudah untuk kita kuasai. Namun, ada cara yang membuat belajar sketchup menjadi semakin cepat, lho. Dengan memaksimalkan fungsi yang tidak semua orang ketahui.

Penasaran dengan cara sederhana mempercepat belajar sketchup? Baca penjelasannya sampai akhir, ya!

Membuat Shortcut Perintah yang Sering Terpakai

Apabila kita masih menggunakan perintah dengan memanfaatkan menu di toolbar, maka itu harus segera beralih metode. Penggunaan keyboard untuk membuat perintah akan mempercepat pekerjaan kita di Google Sketchup, lho.

Selain itu, orang lain yang melihat kita akan menilai kita sudah ahli di bidang ini. Ada banyak video yang bisa kita akses mengenai berbagai tombol keyboard yang berfungsi sebagai custom perintah di sketchup.

Memperhatikan Penggunaan Mouse

Dalam pembuatan desain di Google Sketchup, kita tidak mungkin bekerja tanpa menggunakan mouse. Meskipun mayoritas mengggambar dengan tablet dan pena stylus, namun mouse masih menjadi teman baik kita ketika sedang membuat gambar.

Sebenarnya, tombol pada mouse mempunyai 5 fungsi ketika kita gunakan di Sketchup. Tombol kirinya berfungsi seperti biasa, tetapi tombol kanannya berguna untuk mengakses informasi lebih lanjut dari suatu obyek.

Tidak hanya itu, tombol scroll juga mempunyai 3 fungsi seperti zoom in/out, membantu membuat perintah orbit view, dan jika kita menekannya bersamaan dengan ‘shift’ maka akan muncul perintah pan.

Jadi, terdapat 5 kombinasi fungsi yang bisa memudahkan pekerjaan kita. Tidak hanya mudah, pekerjaan mendesain akan lebih cepat ketika ingin berganti perintah.

Menduplikasi Secara Instan

Perintah yang satu ini berguna jika kita ingin menggandakan suatu obyek dengan interval jarak yang sama. Tanpa melakukan copy-paste dan klik satu per satu bendanya secara berulang kali, kita dapat langsung mengetikkan jumlah yang kita inginkan dengan menggunakan tanda asterik (*) pada keyboard. Cukup mudah, bukan?

Misalnya, kita telah membuat sebuah obyek dan select gambar tersebut. Kemudian, kita salin gambarnya dengan cara menekan tombol ‘move’ dan ‘Ctrl’. Selanjutnya, geser hasil obyek sepanjang x satuan.

Lalu, klik kiri pada tombol mouse untuk mengakhiri perintah kerja ‘copy’. Jangan lupa masukkan jumlah duplikasi yang kita inginkan seperti 5* dan ‘enter’. Dengan cara ini akan ada 4 obyek yang tertambahkan dalam desain kita.

Nah, itulah beberapa cepat yang bisa kita coba. Jika ingin tahu tutorial sketchup membuat rumah. Kita juga bisa langsung melihatnya di www.nekbutuhaja.com. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar untuk "Yukk Cari Tahu Langkah Tepat Belajar Sketchup Dengan Cepat"