Bahaya Gejala Diabetes yang Memicu Berbagai Komplikasi

bahaya gejala diabetes
source: res.cloudinary.com

Diabetes merupakan penyakit yang terjadi karena tubuh terlalu sedikit membuat insulin atau tidak mampu menggunakannya dengan benar. Insulin sendiri adalah hormon yang berguna untuk memecah karbohidrat menjadi energi berbentuk glukosa. tanpa insulin, tubuh tidak akan bekerja secara optimal.

Gejala gula darah tinggi akan muncul ketika produksi insulin mulai bermasalah. Gejala tersebut seperti mudah lelah, sering lapar, sering haus, berat badan turun tanpa alasan, penglihatan kabur, dan masih banyak lagi.

Seiring berjalannya waktu, apabila gejala tersebut tidak diperhatikan sehingga tidak mendapat pengobatan yang tepat. Maka, penyakit diabetes akan memicu keadaan kesehatan lain yang berbahaya.

Tingginya kadar gula dalam darah pada jangka panjang bisa memicu komplikasi. Berikut ini sederet penyakit yang muncul ketika tubuh terkena gejala diabetes. Simak hingga akhir, ya.

Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Diabetes dalam jangka waktu yang panjang dapat mendorong munculnya penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Penyakit kardiovaskular yang bisa muncul akibat diabetes meliputi penyaking jantung koroner, storke, penyempitan arteri, dan serangan jantung.

Perlu kamu ketahui jika kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi akan mempercepat pengerasan pembuluh darah arteri. Tentunya, keadaan ini sangat berbahaya bagi tubuh.

Kerusakan Saraf

Penyakit diabetes yang tidak terkendali juga bisa mengakibatkan kerusakan saraf. Tingginya gula dalam darah ini mampu melukai dinding pembuluh darah kecil yang berguna untuk melindungi saraf, terutama bagian kaki.

Oleh sebab itu, penderitanya akan merasakan kesemutan, mati rasa, nyeri, atau rasa panas. Rasa yang tidak nyaman ini bermula dari ujung jari kaku atau tangan dan perlahan menjalar ke atas.

Apabila tidak terobati dengan tepat, penderita diabetes akan mengalami mati rasa di seluruh bagian tubuh. Kerusakan saraf yang berhubungan dengan gangguan pencernaan dapat memicu muntah, mual, diare, hingga sembelit.

Sedangkan pada pria, kerusakan saraf akibat diabetes dapat menyebabkan tidak berfungsinya ereksi.

Kerusakan Ginjal

Diabetes juga mengakibatkan kerusakan ginjal. Organ tubuh ini mempunyai jutaan pembuluh darah kecil yang berguna untuk proses filter limbah dalam tubuh. Kadar gula yang tinggi dalam darah mampu merusak sistem penyaringan tersebut.

Apabila tingkat kerusakan sudah sangat parah, penderita diabetes akan mengalami gagal ginjal atau penyakit ginjal akut.

Jika ada anggota keluarga yang mengalami diabetes, kamu bisa menggunakan popok confidence agar buang air mereka menjadi lebih nyaman dan tidak perlu bolak-balik ke kamar kecil.

Confidence Classic Day adalah rekomendasi pampers untuk dewasa dengan perekat yang erat sehingga mampu terlepas dan terpasang secara berulang. Selain itu, daya serap yang cepat dan permukaan yang lembut akan membuat penggunanya semakin nyaman beraktivitas.

Itulah beberapa komplikasi yang bisa menyertai penyakit diabetes. Untuk informasi lebih lanjut mengenai gejala diabetes, kamu bisa mengakses #TanyaConfindence di tanyaconfidence.com. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar untuk "Bahaya Gejala Diabetes yang Memicu Berbagai Komplikasi"