Faktor Penyebab Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS) yang Harus Diwaspadai

Mungkin Bunda pernah mendengar cerita atau terjadi di lingkungan sekitar, tentang bayi baru lahir yang meninggal secara mendadak tanpa diketahui apa penyebabnya.

Kematian mendadak pada bayi baru lahir ini disebut dengan istilah SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) atau sindrom kematian bayi mendadak. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab SIDS. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab SIDS pada bayi. Simak baik-baik, ya!

Tidur di Ranjang yang Sama bersama Bayi

Tidur bersama bayi di ranjang nyatanya bisa meningkatkan risiko SIDS. Pasalnya, ketika tertidur Bunda bisa saja bergeser, berbalik badan dan akhirnya menimpa si kecil tanpa disadari.

Tubuh bayi yang mungil membuatnya sangat rentan. Tekanan kecil saja sudah bisa mengganggu kemampuannya untuk bernapas, apalagi jika sampai tertimpa badan orang tuanya saat tidur. Oleh karena itu, jangan pakai cara menidurkan bayi di atas ranjang bersama. Sediakan boks bayi sendiri untuk menghindari risiko SIDS ini.

Posisi Tidur Bayi Tengkurap

Posisi bayi yang tidur tengkurap menyebabkan adanya penekanan pada saluran pernapasan, sehingga bayi sulit bernapas dengan normal. Akibatnya, suplai oksigen ke otak bayi menjadi berkurang.

Dalam kondisi ini, risiko terjadinya SIDS berpotensi jauh lebih besar apalagi bayi belum mempunyai kemampuan untuk berbalik telentang dari posisi tengkurap.

Kondisi Saat Hamil dan Lahir

Bayi yang lahir prematur atau berat badan lahirnya rendah juga berisiko mengalami SIDS. Pada kedua kondisi tersebut, sistem saraf bayi belum sepenuhnya matang ketika lahir. Otomatis kemampuan otak untuk mengontrol proses bernapas juga belum sempurna.

Faktor lain yang menyebabkan risiko bayi meninggal karena SIDS lebih tinggi di antaranya, bayi yang lahir dari ibu berusia kurang dari 20 tahun, tidak melakukan kontrol selama kehamilan dan ada riwayat keluarga yang meninggal akibat SIDS.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa faktor penyebab bayi berisiko terkena SIDS. Maka dari itu, Bunda perlu menerapkan cara menidurkan bayi yang tepat agar terhindar dari sindrom kematian bayi mendadak ini.

Agar tidur bayi tetap nyaman dan berkualitas, gunakan popok Merries yang kini telah dilengkapi alarm penanda pipis. Garis kuning yang tertera di popok, akan berubah menjadi warna biru apabila sudah terisi pipis bayi.

Jadi, Bunda bisa langsung tahu dan cekatan mengganti popok agar bayi tidak rewel. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman website merries.co.id. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar untuk "Faktor Penyebab Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS) yang Harus Diwaspadai"