Bahaya Efek Penyalahgunaan Sabu Bagi Tubuh dan Kesehatan

bahaya efek penyalahgunaan sabu

Sabu atau metamfetamin merupakan stimulan kuat yang bersifat sangat adiktif dan memengaruhi sistem saraf pusat. Bentuknya seperti bubuk kristal putih, tidak berbau, memiliki rasa yang pahit dan mudah larut dalam air atau alkohol.

Sebenarnya, metamfetamin ini adalah obat yang biasa digunakan pada pasien dengan gangguan hiperaktif (ADHD), narkolepsi dan obesitas. Penyalahgunaan sabu dalam jangka panjang akan menimbulkan banyak konsekuensi negatif, salah satunya adalah kecanduan.

Berikut ini adalah efek samping dari penyalahgunaan sabu bagi tubuh maupun kesehatan. Simak baik-baik, ya!

Kecanduan

Mengapa sabu bisa menyebabkan kecanduan? Ini karena sabu-sabu yang dikonsumsi akan mengeluarkan dopamin dalam jumlah besar di otak. Zat yang tersisa di sana akan menimbulkan efek euforia.

Namun setelah efek obatnya menghilang, pengguna tidak akan mampu memproduksi dopamin untuk sementara waktu.

Akibatnya, pengguna membutuhkan sabu-sabu untuk merasa normal. Jika kebutuhan itu tidak terpenuhi, pengguna sabu akan merasakan efek samping yang parah, seperti depresi, disorientasi dan berujung pada sakau.

Psikosis

Sabu juga menyebabkan efek samping berupa psikosis. Pengguna akan mengalami gangguan membedakan mana yang realitas dan mana yang halusinasi. Hal ini adalah kelanjutan dari penurunan dopamin pada otak.

Gejala psikosis di antaranya munculnya rasa takut (paranoid), sifat berubah agresif, gangguan mood yang berkepanjangan, halusinasi visual dan pendengaran dan delusi. Efek tersebut bisa muncul secara tiba-tiba dan bisa bertahan selama bulanan bahkan tahunan.

Penyakit Jantung

Konsumsi sabu pun bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit jantung, di antaranya serangan jantung, stroke, atherosclerosis serta diseksi aorta akut. Awalnya, pengguna hanya akan merasakan gejala ringan seperti nyeri dada, detak jantung tidak teratur, dan tekanan darah yang tinggi.

Akan tetapi, efek jangka panjang dari gejala-gejala tersebut bisa berubah menjadi penyakit yang mematikan dan bisa datang kapan saja.

Kerusakan pada Gigi

Efek samping sabu lainnya adalah kerusakan pada gigi. Efek ini dalam dunia medis disebut sebagai methamphetamine mouth atau singkatnya meth mouth.

Gigi dari pengguna akan menghitam, busuk, keropos bahkan bisa copot dari akarnya. Penyebabnya karena sabu-sabu memiliki kandungan asam yang tinggi, sehingga bisa merusak gigi.

Itulah beberapa efek samping penyalahgunaan sabu yang berdampak negatif pada tubuh dan kesehatan. Untuk konsumsi metamfetamin, harus ada resep dari dokter karena memang bahaya efek sampingnya yang cukup merugikan.

Untuk mendapatkan informasi seputar obat-obatan farmasi yang lebih lengkap, silakan langsung kunjungi laman pafikotapontianak.org. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar untuk "Bahaya Efek Penyalahgunaan Sabu Bagi Tubuh dan Kesehatan"